Selasa, 06 Januari 2009

Kembali Ke Kampus, Menelan Segalanya

Selasa, 06 Januari 2009
Huhh... lama Ga online, jadi pingin coret2..., Weiii Dah Januari 2009 Tho.?? sibuk ngopi wae cah2..!!Waktunya nilik i kampus setelah Sekian lama dikalahkan oleh kejenuhan saat berada di bangku-bangku kampus, 2009 ini aku pun harus melawan segalanya, kondisi meninggalkan bangku kampus ternyata menciptakan rasa tidak nyaman bagi orang-orang tercinta di sekitar ku, bagaimanapun mereka tetap menempatkan status akdemik sebagai sebuah tanggung jawab pokok ku, harus segera terselesaikan dan beralih pada tanggungjawab yang lain, pikir punya pikir aku pun yakin bisa mengakali sekian proses formal akademik tersebut, diluar polah sing njero diakali ae?? kalo yang mereka inginkan sekedar absensi 75%.
Berhadapan dengan sebuah jurusan baru (Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga), aku pun berhadapan dengan pola pengembangan, kurikulum, dosen dan sistem yang tidak jelas pula, hal yang membikin bosan berada di kampus adalah karakter dosen yang tampak secara nilai hanya bekerja menyelesaikan tugas dan menerima gaji di awal bulan, kebuntuan proses belajar mengajar, hal itu pun dikuatkan oleh karakter teman-teman mahasiswa yang acuh akan sekian kondisi dan lebih memilih menjalani sekian rutinitas akademik yang menjemukan itu secara datar, mengalir dan apa adanya, atau memilih beraktifitas dalam kelompok-kelompok pergerakan yang mulai disibukkan merebut dan berebut kekuasaan di kampus hingga memegang kendali dana kegiatan mahasiswa untuk kelompok mereka.
Hal yang semakin membuat ku tak habis pikir adalah upaya pengelola prodi, memanipulasi kondisi jurusan, lewat laporan palsu mereka tentang komposisi dosen prodi, fasilitas dan kebohongan-kebohongan lainnya pada proses mendapatkan akreditasi Ilmu Komunikasi. Upaya kebohongan pun menuai hasil “akreditasi B”, sebuah status yang cukup membanggakan untuk sebuah program studi baru dan status ini pun ramai digembar-gemborkan pengelola prodi, Anj*****ng, sebuah kebohongan yang dibangga-banggakan, inikah yang dicari ?? Sebuah pencitraan? Pencapaian?
Jalan satu-satunya aku harus menelan sekian kondisi busuk di Program studi Ilmu Komunikasi untuk membuat mereka yang kucintai tersenyum.
Spirit ludruk menemaniku, yaa seperti sekian cerita dan lakon dalam Ludruk, menyelesaikan beragam konflik dengan trik-trik cerdas dagelan mereka, aku pun menganggap Bangku akademik sebagai sebuah dagelan,yang harus diakali.
Wis Gampang…..iso diatur Cak….!!! Ayo dibudali CAK..!!

0 komentar:

 
Design by Pocket