Selasa, 09 September 2008

Sajak

Selasa, 09 September 2008
Otak Berkerak

Sudah lah lama ingin ku tinggal jauh
Bentuk-bentuk pikir tentang tubuh dan gairah
Terlalu meledak-ledak
Lepas tenaga Aku di awal

Terlalu kuat anjing binal itu kuasai otak
Tebal mengerak
Bebal bergerak
Begitu liar ajak ku jalan-jalan
Mengurut jalur kelam

Sudahkah terlalu kokoh aku berdiri
Penuh gerak tanpa kendali
Seakan begitu kuasa
Begitu menjadi Tuhan
Atas bangkai yang tak utuh ini

Terlalu bebal dan berkerak..!!

Lamuk, Jogja 17 April 2008


Utang


Orang miskin itu memberanikan diri bertamu ke sahabatnya
Yang dulu miskin tapi sekarang kaya raya
"Tak ada Jeleknya menghibur orang kaya" pikirnya
Orang kaya Toh sering kesepian juga

Baru saja melangkah ke ambang pintu
tuan rumah langsung menyergapnya : "Kau kesini cuma mo menagih utang kan?"
utang lama kan?waktu aku masih miskinkan?
aku akan lunasi sekarang, sekian lipat dari yang kupinjam, PAHAM?

sambil menepuk2 bahu tuan rumah yang pemberang
tamu itu menjelaskan:"Jangan Buruk sangka
Saya kesini cuma mau bilang bahwa utang itu sudah saya ikhlaskan
besok mungkin saya sudah mati, PAHAM?".
tuan rumah pun terpana dan merasa utangnya makin bertambah saja

tamu miskin itu sekarang berdiri di depan cermin di hadapan saya
ia mengucapkan Hallo dan saya merasa tertusuk oleh senyumnya.

Joko Pinurbo,1999

0 komentar:

 
Design by Pocket