Selasa, 08 Februari 2011

Berharap Pulihkan Pertanian, Korban Letusan Merapi Butuhkan Pupuk

Selasa, 08 Februari 2011

Setelah seminggu terakhir posko JMN menerima banyak permintaan logistik dari korban letusan merapi yang mulai kembali ke kampung halamannya. Jum’at 19 November 2010 beberapa pesan singkat masuk ke nomor telepon genggam tim media JMN, salah satu pesan singkat datang dari Didik Mulyani asal Sawangan Magelang yang menyampaikan permintaan bantuan pupuk untuk petani di daerah Magelang yang lahan pertaniannya tertimbun abu vulkanik.

Beberapa pesan dengan permintaan yang sama juga masuk, namun Posko JMN tidak dapat berbuat apa-apa, selain detail data yang belum masuk, pegiat atau relawan di Posko JMN juga belum membicarakan persoalan perbaikan lahan di sekitar lereng Merapi. Pembicaraan pegiat posko masih seputar upaya menyembuhkan tauma lewat inisiasi terapi buku (bibliotheraphy).

Endapan vulkanik dalam waktu tertentu memang mendukung kesuburan tanah, namun pengetahuan pengelolaan tanah setelah letusan merapi menjadi sesuatu yang harus segera disosialisasikan. Sedang disisi lain petani terkena dampak merapi sudah tidak memiliki kekuatan secara ekonomi untuk kembali mengolah lahan.

Sektor ekonomi secara umum dan pertanian secara khusus harus menjadi perhatian pokok bagi pemerintah semala tahap perbaikan (recovery) setelah aktivitas Merapi reda.

0 komentar:

 
Design by Pocket